Wednesday, February 8, 2017

Contoh Tanaman Pangan Serealia

Indonesia terkenal sebagai negara agraris yang kaya akan hasil pertaniannya sehingga tak heran penduduknya mayoritas berprofesi sebagai petani baik petani tanaman pangan, hortikultura, perkebunan, perikanan, dan peternakan. Maka dari itu, patut berbanggalah karena peranan di bidang pertanian cukup berperan besar dari segi perekonomian bangsa Indonesia dan mensejahterakan rakyat Indonesia. Mungkin kita cukup kenal dengan tanaman pangan seperti padi, jagung, dan sagu. Contoh tanaman pangan yang termasuk dari kelompok serealia masih banyak lagi.


Tanaman pangan adalah kebutuhan pangan yang mendasar untuk memenuhi kebutuhan seluruh nutrisi manusia yang bermanfaat untuk keberlangsungan hidup dan kesehatan manusia. Tanaman pangan digolongkan menjadi 3 di antaranya adalah tanaman biji-bijian, kacang-kacangan, dan umbi-umbian.

Serealia dikenal juga sebagai sereal adalah sekelompok tanaman yang ditanam untuk dipanen bijinya. Di Malaysia dikenal sebagai bijirin. Mayoritas serealia adalah anggota dari suku padi-padian dan dikenal sebagai serealia sejati. Kelompok tanaman serealia memanfaatkan bagian dari tubuhnya berupa biji yang digunakan sebagai sumber karbohidrat.

Jenis-jenis tanaman serealia di antaranya adalah :


Padi


Padi mempunyai nama latin Oruza sativa, L. Padi adalah kerabat dekat dari rumput-rumputan berakar serabut, batang berbuku dan berongga membentuk serangkaian daun untuk menopang daun, bunganya tersusun majemuk, bulirnya terdapat di malai yang dimiliki oleh anakkan padi, dan mempunyai warna hijau muda hingga hijau tua. Karena teknologi di dunia pertanian sudah mengalami kemajuan maka terlihatlah jenis-jenis padi yang dapat beradaptasi dengan kondisi lingkungannya sehingga tercipta beragam varietas unggulan dari tanaman padi.

Jagung


Jagung mempunyai nama latin Zea mays spp dan masih termasuk famili Poaceae, berakar serabut, batang beruas-ruas berdiri tegak, daun sempurna, berumah satu, dan bunganya tersusun majemuk. Dewasa ini, jagung tidak hanya dimanfaatkan sebagai olahan pangan dan pakan ternak tapi, juga sudah memasuki pasar industri bahan olahan biji, kimiawi, dan farmasi. Berdasarkan bentuk dan tipe biji, jagung dibedakan menjadi 7 kategori yakni jagung mutiara, jagung manis, jagung gigi kuda, jagung pod, jagung brondong, jagung brondong, jagung ketan, dan jagung tepung.

Gandum


Gandum mempunyai nama latin Triticum spp dan tergolong famili Poaceae, berakar serabut, batang beruas dan berongga, daun tumbuh tegak, berbunga majemuk, bersistem penyerbukan sendiri, struktur biji tersusun dari 3 bagian kulit, endosperma, dan bagian lembaga. Gandum mengandung serat pangan, protein, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B6, asam folat, magnesium, tembaga, fosfor, seng, mangan, selenium, vitamin E, zat besi, dan lemak esensial. Kini, pemanfaatan gandum sudah meluas di industri makanan pokok dan pakan ternak. Berdasarkan bentuk biji dan tekstur, gandum dibedakan menjadi 3 yakni Triticum aestivum, Triticum compactum, dan Triticum durum.

Sorgum


Sorgum mempunyai nama latin Sorghum spp dan termasuk famili Poaceae, berakar serabut, batang berbuku-buku, berdiri tegak, daun berbentuk melengkung, bunga tumbuh dari malai di ujung batang, hermaprodit, dan menyerupai tanaman jagung. Sorgum mengandung protein, lemak, karbohidrat, air, serat, Ca, P, Fe, dan Mg. Pemanfaatan sorgum meluas di bidang industri, bahan pangan, bahan pakan ternak, dan bahan bakar alternatif.

Jelai

Jelai dalam bahasa Inggris disebut barley adalah sejenis serealia untuk pakan ternak, dan makanan kesehatan. Jelai termasuk anggota suku padi-padian. 

Artikel Terkait