Sunday, February 12, 2017

Aneka Tanaman Untuk Taman

Seperti layaknya trend pakaian, trend tanaman penghias taman pun selalu berganti tiap tahunnya. Jika beberapa tahun lalu pinang merah menjadi simbol status pemiliknya, maka sekarang pinang merah menjadi sangat mudah ditemui di mana saja dengan harga relatif murah.

Sebaliknya tanaman-tanaman yang dulunya tumbuh liar di kampung, hutan, dan pantai menjadi populer di kalangan konsumen tanaman hias dengan harga mulai dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah. Berikut adalah beberapa tanaman yang pernah dan masih menjadi trend tanaman hias taman.

o Asam Jawa
Asam Jawa bernama latin Tamarindus Indica. Mulanya, pohon ini banyak ditanam untuk pohon penghijauan di sepanjang bahu jalan. Berkarakter batang kuat dan sering dijadikan tanaman bonsai. Kini, tanaman tropis Afrika mulai populer sebagai tanaman hias taman. Tingginya dapat mencapai 25 m.


Buah polongnya berwarna cokelat kira-kira panjangnya 10 cm dengan daging buah yang mempunyai rasa masam. Daunnya kecil-kecil, panjangnya 2 cm, berbunga kuning pucat berukuran 2 cm dan bergaris merah. Dengan bonggol yang artistik ditambah bentuknya yang berdaun rimbun, tanaman ini dapat ditanam di sisi dinding semen berelief alami atau di pinggir kolam di antara batu-batu alam.

o Bambu Jepang
Bambu jepang bernama latin Chimonobambusa quadrangularis. Sesuai namanya, bambu ini berasal dari Cina dan Jepang. Dapat tumbuh tinggi sampai 10 m. Daunnya berukuran 5-15 cm dan 2 cm lebarnya, berwarna hijau, dan berdaun sejajar. Batang berwarna tembaga dengan tebal kira-kira 2 cm. Bambu ini rimbun sehingga sering dijadikan screen di dinding tembok yang tinggi dan ditanam di pagar sebagai pembatas. Bambu jepang juga bisa ditanam di antara batu-batuan di pinggir kolam.

o Bambu Kuning
Bernama latin Phyllostachys sulphurea. Bambu ini mempunyai warna batang kuning tua yang berasal dari Jepang dan Cina. Tingginya mencapai 4-9 m dengan diameter batang mencapai 8 cm. Mempunyai daun berwarna hijau dengan panjang 12 cm dan lebar 2 cm. Bagian di bawah daun berwarna hijau kebiruan dan gagang daun berwarna keunguan. Daunnya tersusun melengkung inilah yang menjadikan kombinasi menarik dengan batang kuning emas.


Bambu ini bagus ditanam berkelompok di sepanjang jalan untuk pengarah, bambu ini akan mengurangi kesan kaku jika ditanam di sisi dinding yang tinggi, dan memberikan kesan alami dengan serumpun bambu kuning jika ditanam di antara batu-batuan di pinggir kolam.

o Beringin
Bernama latin Ficus benjamina. Tanaman ini tumbuh dengan tinggi mencapai 7-8 m dan semakin bertambahnya umur tajuknya semakin lebar. Daunnya berwarna hijau mengkilap, berbentuk oval, dan panjangnya 8-10 cm. Tanaman ini mempunyai akar berjenis akar gantung. Tanaman ini tumbuh baik di kondisi kering, tanah berdrainase bagus, dan mendapat cahaya matahari penuh. Beringin sering digunakan sebagai tanaman bonsai.

o Beringin Karet
Bernama latin Fetus retusa. Beringin ini mempunyai batang besar dan dapat tumbuh tinggi. Berdaun tebal, bentuknya oval sampai agak bundar dengan panjang 8-10 cm, berwarna hijau, permukaanya mengkilap, dan susunan daunnya padat membentuk tajuk kompak yang mudah dipangkas dan dibentuk. Tanaman ini berasal dari Cina bagian selatan di daerah subtropis. Beringin karet sering digunakan sebagai tanaman bonsai.

Itulah beberapa tanaman yang biasa dimanfaatkan untuk tanaman hias di taman. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Newest Post