Saturday, February 4, 2017

Cara Menanam Selada Secara Praktis

Bagi para pecinta tanaman pastinya Anda sudah mengetahui teknik menanam secara hidroponik. Namun bagi Anda yang baru ingin mencoba melakukan penanaman proses hidroponik pasti bingung. Hidroponik berasal dari kata hidro artinya air dan ponos artinya mengerjakan. Asal kata ini berasal dari dari kata Yunani. Jadi apabila digabungkan berarti teknik menanam tanpa menggunakan media tanah.

Untuk medianya sendiri bisa menggunakan batu, kerikil, sabut kelapa, pecahan batu bata dll. Penanaman selada dengan hidroponik tentunya akan memilki banyak keunggulan daripada secara konvensional karena tidak memerlukan banyak tenaga dalam menyiram tanaman. Cukup diberi air sedikit sudah menyerap. Selain itu tanaman selada secara hidroponik juga sangat ramah lingkungan karena ampuh menyerap CO2. Jadi Anda bisa memanfaatkan hidroponik untuk mencegah polusi.


Selada adalah jenis tanaman yang banyak dikawasan pegunungan. Sayuran ini merupakan salah satu jenis makanan yang siap santap dengan warna daun hijau segar. Selada banyak dipadukan dengan beragam jenis buah dan sayur didalam salad dan tentunya akan menambah kenikmatan rasanya. Selada juga bisa dicampurkan ke dalam masakan yang lain. Sayuran ini bisa bermanfaat untuk kecantikan dan kesehatan.

Manfaat Daun selada :


Proses Pertumbuhan 
Didalam sayuran selada dipercaya mengandung protein yang sangat tinggi. Protein adalah salah satu jenis kandungan yang bermanfaat untuk meningkatkan pertumbuhan tubuh Anda. Hampir setiap hari tubuh manusia membutuhkan protein yang nantinya bisa memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak dan sangat bermanfaat untuk pertumbuhan anak Anda.

Mengobati Diabetes
Selada merupakan salah satu sayurannya yang memiliki kandungan gula yang rendah. Hal ini berarti selada mampu menurunkan kadar gula dalam tubuh Anda. Mengingat Diabetes adalah penyakit dengan kadar gula yang sangat tinggi. Jadi jika Anda ingin mengkonsumsi dalam jumlah yang besar Anda tidak perlu khawatir akan kadar gulanya.

Mampu menambah Darah
Anemia adalah penyakit kekurangan darah merah. Disinilah peran dari sayuran selada. Anda dapat memanfaatkan daun selada untuk menambah darah. Didalam selada memiliki kandungan zat besi yang tinggi sehingga mampu meningkatkan sel darah merah Anda.

Jika Anda ingin memetik daun selada secara langsung Anda bisa menanamnya sendiri tanpa harus pergi ke pasar di pagi hari. Untuk prosesnya juga terbilang mudah dan praktis.

Cara Menanam Selada



Lakukan Penyemaian Benih Selada 
Siapkan tray atau wadah untuk dilakukan proses penyemaian, yang nantinya dapat Anda gunakan benih selada yang memiliki tingkat germinasi 80 %. Biasanya media yang bagus untuk melakukan persemaian adalah dengan rockwool. Jika dirasa sudah cukup umur baru kemudian dapat dipindahkan kedalam media tanam yang sudah Anda sediakan seperti pot ataupun wadah plastik yang besar.

Pemberian Nutrisi Untuk Selada
Disini Anda bisa memberikan nutrisi hidroponik yang tepat. Proses ini sangat penting dilakukan untuk tanaman hidroponik. Anda dapat meracik sendiri untuk nutrisi yang dibutuhkan selada atau dapat memperolehnya di pasar. Dalam memberikan nutrisi untuk hidroponik dapat dilakukan secara manual baik pagi ataupun sore hari. Apabila Anda menginginkan cara yang lebih praktis dapat dicoba dengan menanam hidroponik dengan menggunakan sistem wisk atau sumbu.

Perawatan Pada Selada
Dalam melakukan proses perawatan tidak berbeda jauh dengan perawatan tanaman selada yang dilakukan secara konvensional. Anda bisa melakukan proses pemangkasan dan rutin untuk membersihkan gulma.

Artikel Terkait