Sunday, February 5, 2017

Cara Menanam Seledri Hidroponik Dengan Cepat

Saat makanan sop pasti Anda akan menemukan potongan sayuran yang bertabur didalamnya. Warna daunnya hijau segar dan baunya sedap. Meskipun memiliki daun yang kecil jenis sayuran ini mampu mengobati segala macam penyakit. Biasanya tanaman ini banyak tumbuh dikawasan dataran tinggi yang udaranya sejuk. Jenis sayuran ini banyak dijual di pasaran. Bagi para pecinta sayuran pasti mengenal jenis sayuran seledri.


Apabila Anda ingin menanam seledri bisa Anda terapkan dengan teknik hidroponik. Dimana penanamannya tanpa menggunakan tanah sebagai medianya. Namun cukup dengan menggunakan butiran batu bata, serabut kelapa, batu kerikil dan lain sebagainya. Penerapannya juga sangat praktis dan ramah lingkungan. Anda bisa mencoba sendiri untuk menanam seledri hidroponik di rumah Anda.

Manfaat Seledri :


Mengobati Mata Kering
Saat terlalu sering menatap layar monitor tentunya akan membuat mata Anda kering. Jika Anda sering beraktivitas di luar ruangan tentunya banyak debu dan angin yang bisa membuat mata Anda kering. Tidak ada salahnya jika Anda menggunakan daun seledri untuk melembabkan mata Anda. Seledri dipercaya ampuh untuk mengobati mata Anda yang kering. Karena didalamnya banyak vitamin yang menyehatkan mata diantaranya vitamin A,B1, B6 , B2 dan C.

Ampuh untuk menurunkan kolesterol
Didalam daun seledri adanya kandungan vitamin A. Tentunya selain untuk mengobati mata kandungan seledri juga mampu untuk menurunkan kolesterol, mencegah kanker dan mengurangi tekanan tekanan darah tinggi.

Mengobati Batuk
Batuk adalah salah satu penyakit yang paling menyebalkan. Betapa tidak karena batuk suara Anda jadi tidak senyaring biasanya. Gejalanya juga sangat mengganggu tenggorokan terasa gatal dan sakit. Anda bisa memanfaat daun seledri untuk menyembuhkan batuk Anda.


Menanam seledri secara hidroponik sangat mudah dan praktis. Sayuran seledri atau biasa dikenal dengan daun sop begitu banyak dibutuhkan untuk keperluan memasak ataupun untuk pengobatan. Daun seledri banyak digunakan dalam penyajian masakan seperti soto kuah, bakso ataupun soto kering. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan wadah plastik dengan netpot yang bersumbu (system wick) atau biasa disebut sistem rakit apung. Sebelum melakukan penanaman secara hidroponik ada beberapa bahan yang perlu Anda persiapkan seperti :

1. Gelas plastik
2. Bak (wadah) plastik
3. Sterofoam
4. Kain flannel
5. Sekam bakar
6. Larutan AB mix
7. Bibit seledri


Untuk langkah selanjutnya Anda bisa mencoba untuk membuat pola lingkaran di sterofoam sebagai tempat gelas plastik kemudian berikan jarak antara lubang dengan sedikit berdekatan agar nantinya bisa menghasilkan tanaman yang kecil. Kemudian gelasnya diberi lubang tepat dibagian bawah dan untuk satu lubang dijadikan penempatan sumbu kain. Khusus untuk sumbu Anda bisa memanfaatkan kain flannel dengan lebar 3 cm dan memiliki panjang sampai dapat menyentuh bak paling dasar.

Cara Memelihara Tanaman Seledri Hidroponik


Memelihara hidroponik terbilang sangat mudah. Anda cukup menempatkan seledri ditempat yang bisa terjangkau oleh cahaya matahari. Agar nanti seledri dapat tumbuh dengan cepat. Bila hujan tiba Anda bisa mengatasi dengan memberikan atap diatasnya. Selalu memperhatikan kadar air dalam tanaman seledri hidroponik agar nantinya tidak sampai kering dan jika dibiarkan akan mati. Anda bisa melakukan penyiraman sebanyak dua kali sehari. Karena tanaman ini membutuhkan kadar air yang cukup untuk bisa bertahan hidup sampai siap untuk dipetik dan dipanen.

Artikel Terkait