Wednesday, February 8, 2017

Macam - Macam Bunga Hias Dan Namanya

Rumah akan terlihat lebih indah dan asri bila dilengkapi dengan adanya taman bunga di halaman rumah, bunga akan memberikan kesan hidup dan tenang terhadap lingkungan di sekitarnya. Di samping itu, bunga bisa dijadikan untuk menyaring udara dari polusi yang ada di udara.

Tanaman hias merupakan kelompok tanaman yang memiliki fungsi untuk mempercantik ruangan. Di samping itu, beberapa tanaman hias jenis tertentu selain indah bentuknya juga tidak jarang memberikan manfaat bagi kesehatan.

Nah, apa saja sih macam dan nama bunga hias itu sendiri?

• Bunga Tulip Afrika
Bunga tulip afrika mampu tumbuh mencapai 7-25 meter yang merupakan tanaman asli dari Afrika. Akhir-akhir ini, bunga tulip afrika sangat populer di kebun bunga. Tanaman ini mempunyai bunga yang warnanya cukup mencolok, berbentuk cangkir saat mekar, kelopak bunga biasanya berwarna oranye - merah bergaris kuning di sepanjang tepi dan bagian kelopak berkerut.

• Bunga Anemon
Bunga anemon masih satu keluarga dengan Ranunculaceae dan masih saudara dengan bunga pasque dan hepatica.


• Bunga Aster
Bunga aster tumbuh sangat baik di tanah lapang dan memerlukan sinar matahari penuh. Bunga aster jika mekar mempunyai diameter kira-kira 2 inchi. Bunga aster memiliki warna bunga bunga yang beragam yaitu biru, ungu, pink dan di bagian tengahnya berwarna kuning.

• Bunga Azalea
Perawatan untuk bunga azalea terbilang mudah dan punya banyak warna yang dimiliki bunga ini. Bunga azalea tumbuh hampir di setiap tempat.

• Apple Blossom
Lebih dari 7.500 varietas apple blossom ditanam di seluruh dunia. Bunga ini cukup indah, bagi yang hidup di pegunungan dengan udara sejuk tidak ada salahnya untuk mencoba menanam bunga ini.

• Bunga Asoka
Bunga asoka sebenarnya bukan bunga asli dari Indonesia tetapi, bunga ini cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia. Bunga ini sangat mudah perawatannya sehingga proses penanamannya pun juga mudah. Bunga ini senang dengan cahaya. Penanaman bunga asoka tidak memerlukan teknik khusus dan caranya sangat mudah. Cukup mengambil tanaman asoka beserta akarnya lalu pindahkan pada media yang dikehendaki dan jangan lupa untuk rajin menyiraminya. Jangan lupa melakukan pemangkasan agar bunganya awet berbunga. Jaga kesuburan tanah dengan memberikan pupuk dan melakukan penyiraman secara rutin.


• Bunga Almanda
Bunga almanda cukup mudah dipelihara. Tanaman ini tumbuh secara bergerombol dan berkembang sangat cepat. Bunga almanda biasanya ditanam di pot agar mudah dipindahkan. Spesies yang banyak diminati adalah Allamanda cathartica. Bunga almanda disebut juga dengan bunga terompet emas,lonceng kuning, atau golden trumpet. Asal bunga ini dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan.

• Bunga Kenanga
Bunga kenanga merupakan bunga asli indonesia, memiliki kelopak berwarna kuning, saat masih muda kelopak bunga berwarna hijau. Kenanga mempunyai bau harum sehingga banyak orang suka dengan bunga kenanga.

• Bunga Bougainvillea
Bunga bougenville disebut juga kembang kertas. Bunga kembang kertas sangat mudah perawatannya.

• Bunga Anggrek
Bunga anggrek mempunyai berbagai macam jenis yang dapat dipilih. Kecantikan bunga anggrek sudah tidak diragukan lagi, namun tanaman ini agak rumit perawatannya.


• Bunga Anyelir
Dalam bahasa Inggris, anyelir disebut carnation. Karena keindahan bunga ini, banyak orang memilihnya untuk menghiasi taman rumah mereka. Asal bunga anyelir adalah di daerah Mediterania, bunga ini mempunyai warna terang dan berwarna warni sesuai dengan jenisnya.

• Bunga Sakura
Bunga sakura merupakan bunga nasional Jepang yang umumnya tumbuh saat musim semi. Bunga ini menjadi simbol untuk mengeksperesikan ikatan antar manusia, keberanian, kesedihan, dan kegembiraan bagi orang Jepang.

• Bunga Krisan

• Bunga Chicory

• Bunga Bangkai

Baca Juga : Direktori Gambar Bunga dan Penjelasannya

Artikel Terkait