Thursday, February 9, 2017

Cara Merawat Bunga Mawar

Pada kesempatan kali ini, kita akan mengulas mengenai cara merawat bunga mawar. Mawar merupakan salah satu jenis bunga yang sangat populer dan dikenal oleh semua orang. Karena varian warna dan aroma yang khas yang dikeluarkan oleh mawar menjadikan bunga ini sangat disukai oleh semua orang. Di samping warna dan aroma khas bunga mawar yang dihasilkannya, bunga mawar disukai juga karena mudah untuk menanam hingga merawat bunga ini.


Bunga mawar dapat tumbuh di berbagai daerah dengan suhu yang panas atau pun suhu dingin. Bunga mawar disimbolkan sebagai kasih sayang. Selain itu, bunga mawar juga dimanfaatkan sebagai tanaman hias di dalam mau pun di luar ruangan. Berikut adalah cara merawat bunga mawar agar terjaga.

Cara merawat bunga mawar yang bisa dicoba


Memilih Pot Yang Tepat
Pot apa yang tepat untuk menanam dan merawat bunga mawar? Pot yang tepat untuk menanam dan merawat bunga mawar adalah pot yang terbuat dari tanah liat karena pot yang terbuat dari tanah liat mempunyai banyak pori-pori sehingga membuat air dapat mengalir keluar dan membuat akar bunga mawar tidak membusuk yang disebabkan air tidak mengembang di dalam pot.


Penyiraman
Jangan menyiram bunga mawar terlalu banyak sehingga air menjadi genangan di dalam pot. Hal ini dapat menghambat dan membuat tanaman menjadi busuk karena kebanyakkan air. Siramlah bunga mawar melalui tanah karena bunga dan daun mawar sangat rentan terhadap kekeringan. Cukup siram sehari sekali saat musim hujan dan dua hari sekali tiap pagi dan sore hari saat musim panas. Hentikan penyiraman saat hujan tidak kunjung berhenti karena pasokan air yang dibutuhkan bunga mawar sudah tergantikan oleh air hujan, cukup dibilas bagian daunnya dengan cara menyemprotkan air dengan air secara halus dan lembut agar tekstur daun tidak rusak.

Media Tanah Yang Baik
Agar bunga mawar tumbuh dengan subur maka media tanam yang tepat adalah menggunakan tanah dengan kadar air yang bagus. Tetapi jangan menanam bunga mawar di media yang terlalu subur atau pun kering karena mengakibatkan bunga mawar kurang subur. Peran sinar matahari pun sangat penting bagi bunga mawar karena berguna untuk pembentukan bunga.

Cek Dan Pemangkasan Secara Rutin
Bagian daun dan ranting dicek secara rutin agar tidak ada bagian yang busuk yang masih menempel di badan tanaman. Jika ada bagian tanaman yang sudah mengering atau membusuk segera pangkas dengan menggunakan gunting yang tajam agar tanaman tidak rusak. Usahakan memotong daun dengan lurus dan rajin, jangan memotong dengan pola diagonal atau menyerong.


Pemberian Pupuk
Sama halnya dengan manusia yang membutuhkan vitamin untuk menjaga kekebalan tubuhnya maka tanaman perlu pupuk untuk membuat tanaman menjadi lebih subur dan sehat dengan kata lain pupuk sebagai nutrisi bagi tanaman. Memberikan nutrisi yang tepat membuat bunga mawar menjadi lebih subur. Pupuk kandang yang dihasilkan dari kotoran hewan adalah pupuk yang tepat bagi bunga mawar.

Jaga Tanaman Dari Serangan Hama
Hama adalah musuh utama bagi semua jenis tanaman. Hama adalah penghambat pertumbuhan tanaman dan bahkan membuat tanaman tersebut mati. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, sebaiknya menyemprotkan pestisida dengan kurun waktu 1 - 2 kali dalam satu bulan. Perawatan ini harus dilakukan dengan hati - hati dan konsisten walau pun secara keseluruhan perawatan bunga mawar tidak susah.

Itulah beberapa cara untuk merawat bunga mawar. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait