Tuesday, February 7, 2017

Tips Menanam Sayuran Dirumah dengan Mudah

Setiap orang pasti menginginkan pekarangan yang luas dan bisa ditanami berbagai jenis sayuran dan buah. Namun tidak semua orang memiliki halaman yang luas di pekarangan rumahnya. Lantas bisakah Anda menanam sayuran dan buah di sekitar rumah ? Pertanyaan ini banyak diutarakan oleh ibu-ibu agar nantinya bisa tetap memetik sayuran dengan mudah.

Sayuran merupakan jenis tanaman yang berfungsi sebagai zat pengatur dalam tubuh. Didalam sayuran ada berbagi jenis vitamin yang banyak dibutuhkan oleh tubuh. Mengkonsumsi banyak sayur hijau yang segar akan membantu menyerap racun dan memberikan kandungan serat dalam tubuh Anda. Ada berbagai macam jenis sayuran yang bisa dimanfaatkan untuk ditanam dihalaman rumah Anda.

Sayuran yang dapat ditanam di rumah


1. Sawi

Sayuran ini biasanya ditemukan saat Anda makan nasi goreng. Ada banyak kandungan vitamin didalam sawi seperti vitamin A,C dan E. Sawi juga sangat bagus untuk anak-anak karena mudah untuk dicerna. Anda bisa memanfaatkan sawi untuk dijadikan tanaman dirumah Anda.

2. Bayam

Saat Anda kecil pasti sering melihat film kartun yang bernama popeye. Tokoh popeye sangat senang makan bayam karena didalam bayam ada banyak kandungan gizi yang bermanfaat untuk tubuh diantaranya seperti zat folat , zat flavonid dan vitamin A.

3. Tomat

Tanaman satu ini bisa dibuat untuk makanan dan minuman. Banyak orang mengetahui bahwa tomat memiliki banyak kandungan vitamin C .Tomat memiliki banyak manfaat selain untuk kesehatan juga berguna untuk kecantikan. Anda bisa memanfaatkan biji buah tomat untuk ditanam di rumah Anda tentunya hasilnya akan lebih segar dari pada membeli di pasar.

4. Cabe

Kebanyakan orang banyak mengkonsumsi cabe. Jenis sayuran ini banyak dipadukan diberbagai makanan. Rasanya yang pedas mampu menambah selera makan. Cabe memiliki kandungan vitamin seperti A, B, C dan E serta kandungan folat, tembaga, mangan dan thiamin. Untuk manfaatnya sendiri cabe mampu menambah nafsu makan, mencerna pencernaan, melangsingkan tubuh dan mampu menangkal penyakit.

Jika Anda tidak memiliki banyak tempat dirumah jangan khawatir ada berbagai macam cara agar nantinya Anda dapat memetik sayuran secara langsung tentunya hasilnya lebih segar dan sehat untuk tubuh Anda.

5. Daun Pandan
Sayuran ini bermanfaat untuk penyedap makanan dan masakan. Daun pandan merupakan jenis tanaman yang flexible karena bisa di tanam di polybag dan perawatannya juga terbilang mudah. Anda bisa mulai menanam dengan menggunakan batang daun pandan yang sudah tua nanti kelamaan akan bertambah banyak. Tanaman ini harus rajin untuk disiram karena sangat menyukai banyak air.

6. Seledri

Jenis sayuran ini terbilang cukup sulit dalam perawatannya dan memerlukan usaha. Meskipun demikian tidak ada salahnya jika Anda mencoba menanam seledri di rumah Anda sendiri. Anda bisa melakukan proses persemaian biji selama 15 hari dan melakukan penyiraman selama 5 hari dengan pencampuran air dengan pupuk.

Tips Menanam Sayuran Dirumah Yang Paling Mudah

1. Jika Anda tidak memiliki lahan yang luas Anda bisa mencoba menanam sayuran dengan menggunakan media polybag. Cara ini terbilang cukup mudah karena hanya membutuhkan kantong plastik yang berwarna hitam. Anda bisa memasukkan tanah dengan campuran pupuk kedalam plastik putih. Dengan media polybag Anda tidak perlu membutuhkan pekarangan yang luas. Kemudian Anda bisa menggantungkan polybag didepan teras atau halaman rumah yang kosong.

2. Bila Anda memiliki halaman yang luas Anda bisa memanfaatkan berbagai jenis tanaman dipekarangan Anda. Anda bisa membuat sebuah ladang yang sudah digemburkan. Kemudian bisa mulai menanam berbagai sayuran diantara cabe, sawi, tomat, jahe, kunyit, bawang bombay, kunyit dan seledri.

Artikel Terkait